Senin, 11 Juni 2012

Belajar AutoCAD, bisa..!!!!

MENGENAL CAD

Sebelum kita belajar untuk menggambar ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu pengertian dari CAD itu sendiri.
Menggambar dalam hal ini adalah menggambar teknik mesin.
Dalam prosesnya, kita membutuhkan alat Bantu berupa perangkat keras (hardware) berupa komputer dan perangkat lunak (software) yaitu bahasa program untuk menjalankan proses penggambaran. Perangkat lunak tersebut dikenal dalam istilah CAD (Computer Aided Drafting atau Computer Aided Design).
CAD digunakan oleh juru gambar (drafter), perencana (engineer) atau ahli teknik untuk mengembangkan gambar dan perencanaannya, lalu mencetaknya pada lembaran kertas dengan menggunakan printer atau plotter.

Jadi CAD adalah sutu program aplikasi komputer yang berfungsi sebagai alat Bantu penggambaran dan perencanaan. Pada perkembangan awal, CAD hanya berfungsi sebagai Computer Aided Drafting, yaitu untuk membantu kita dalam hal penggambaran benda kerja, tetapi saat ini CAD berfungsi sebagai Computer Aided Design yaitu untuk membantu kita dalam hal merancang (mendesain) dengan komputer.

Terdapat beberapa jenis software CAD, yaitu solidwork, MasterCAm, AutoCAD, Inventor, dan lain sebagainya.

Dalam blog ini kita hanya akan mengkhusukan salah satu dari beberapa jenis software di atas, yaitu AutoCAD. AutoCAD adalah software yang umum digunakan dimana gambar, rencana, atau model dapat dibangun dengan menggunakan koordinat-koordinat XYZ.

Terdapat banyak perintah-perintah dalam AutoCAD, meliputi perintah menggambar, memodifikasi gambar dan lain sebagainya.

KEUNTUNGAN DAN KERUGIAN PENGGUNAAN CAD
Bila dibandingkan dengan penggunaan alat gambar tradisional, CAD mempunyai beberapa keuntungan, antara lain :
  • Menggambar lebih cepat.
  • Modifikasi gambar lebih mudah.
  • Waktu yang lebih pendek dalam perencanaan komponen yang sejenis. Akurasi perencanaan lebih tinggi.
  • Perkiraan biaya lebih akurat
  • Penempatan teks gambar lebih cepat dan terang
  • Skala gambar otomatis
  • Dapat digunakan untuk membuat tampak isometric dan axonometric dari suatu model 3D
Adapun kerugiannya adalah:
  • Investasi tinggi
  • Biaya pemeliharaan tinggi
  • Memerlukan diklat khusus

SOFTWARE DAN HARDWARE

Perangkat lunak untuk AutoCAD sangatlah mudah di dapatkan. Terdapat beberapa software AutoCAD, antara lain AutoCAD 2002, AutoCAd 2004, AutoCAD 2006, AutoCAD 2007, AutoCAD 2008, dan lain sebagainya.
Hardware yang sesuai mulai Pentium III, Pentium IV, Core 2duo, atau lebih tinggi lagi.

FASILITAS PENDUKUNG

Fasilitas pendukungnya antara lain : mouse, printer, plotter.

APLIKASI AutoCAD

Aplikasi perangkat lunak CAD dan model 3D yang sangat bermanfaat adalah animasi. Bentuk animasi yang paling sederhana adalah dengan memutar model secara dinamis sehingga akan tampak model tsb dari segala sudut. Gambar bias juga di animasikan, sehingga terlihat bergerak, bahkan menguraikan gambar menjadi komponen-komponen individual.

SISTEM KOORDINAT (XYZ) DALAM AutoCAD

Sistem koordinat XYZ adalah pengetahuan dasar dalam membangun gambar dengan perangkat lunak CAD yang harus dipahami dari awal.
Penempatan titik-titik diuraikan dengan nilai koordinat XYZ. Nilai-nilai tsb disebut dengan koordinat persegi panjang. Untuk gambar 2D koordinatnya cukup sumbu X dan Y saja. Setiap angka koordinat sumbu dipisahkan dengan tanda koma. Contonya 4,3. menggambarkan 4 satuan pada sumbu X dan 3 satuan pada sumbu Y.
Jenis-jenis koordinat 2D dalam AutoCAD, antara lain :

         Koordinat absolut (kartesius), menunjukkan titik yang telah ditetapkan dalam sistem koordinat yang berlaku dalam ruang gambar AutoCAD. Rumus umumnya adalah x,y
         Koordinat relative, adalah koordinat yang ditentukan besar x dan y dari titik sebelumnya. Rumus dasar dari koordinat ini adalah @x,y.
         Koordinat polar, merupakan koordinat dengan meentukan jarak dan sudut dari titik sebelumnya. Rumus dasarnya adalah @panjang<sudut.

Contoh:


Penggambaran obyek 2D di atas ini dimulai dari titik A yang terletak pada X=3 dan Y=5. Koordinat absolut dan relatif masing-masing titik adalah sebagai berikut :
a. Koordinat absolut

Titik
Koordinat
X
Y
A
3
5
B
3
10
C
6
10
D
9
14
E
12
14
F
14
11
G
16
14
H
16
8
I
11
8
J
11
5
A
3
5



b. Koordinat relatif

Titik

Koordinat
X
Y
A

3
5
B
@
0
5
C
@
3
0
D
@
3
4
E
@
3
0
F
@
2
-3
G
@
2
3
H
@
0
-6
I
@
-5
0
J
@
0
-3
A
@
-8
0















Untuk gambar 3D, koordinat persegi panjangnya diukur dalam tiga ruang dimensi, yaitu X,Y,Z. Koordinat (sumbu) Z merupakan ketebalan dari obyek.

Silahkan dipahami terlebih dahulu mengenai sistem koordinat ini dengan banyak berlatih menentukan koordinat suatu gambar
Karena sistem koordinat merupakan dasar sebelum kita memulai untuk menggambar menggunakan AutoCAD


[]runa rimawati,11 Juni 2012

Referensi diambil dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar